Powered By Blogger

Selasa, 14 Oktober 2014

SBM 2(ketrampilan bertanya)

by : http://matematikaboy.wordpress.com/2012/08/11/teknik-bertanya/

KETRAMPILAN BERTANYA

Sugeng Paranto (1979, 41-54) menyebutkan dalam proses belajar mengajar, bertanya memegang peranan penting, sebab pertanyaan yang tersusun baik dengan teknik pelantaran yang tepat akan :
Meningkatkan partisipasi murid dalam kegiatan belajar mengajar
Membangkitkan minat dan rasa ingin tahu murid terhadap sesuatu masalah yang sedang  dibicarakan
Mengembangkan pola berpikir dan cara belajar aktif dari siswa yang bersangkutan, sebab berpikir itu sendiri sesungguhnya adalah bertanya
Menuntun proses murid, sebab pertanyaan yang baik akan membantu jawaban yang baik dan
Memusatkan perhatian murid terhadap masalah yang sedang dibahas.

Para guru terutama yang belum mendapatkan penataran PBM atau lulusan Universitas, faktor-
faktor yang perlu diperhatikan dalam menyampaikan pertanyaan yaitu :
1.    Kejelasan dan Kaitan Pertanyaan
Harap diusahakan agar pertanyaan yang dikemukakan itu jelas, maksudnya serta nampak benar kaitannya antara jalan pikiran seseorang yang satu dengan yang lainnya dan usahakan tidak diselingi oleh kata-kata sisipan yang bersifat mengganggu, misalnya : ee; em; anu; dan lain-lain.

2.    Kecepatan dan selang waktu (pause)
Kecepatan menyampaikan pertanyaan tergantung pada jenis pertanyaan itu sendiri. Pada umumnya guru-guru muda belum berpengalaman cenderung banyak melontarkan pertanyaan ketimbang menerima jawaban dan pertanyaan-pertanyaannya diucapkan dengan cepat tanpa
diselingi pause, tanpa memberikan kesempatan pada murid untuk berpikir.

3.    Pembagian dan Penunjukan
Dalam mengajukan pertanyaan pada murid agar diperhatikan sistem distribusinya yaitu usahakan agar pertanyaan itu didistribusikan merata ke seluruh ruangan kelas, hal itu berhubungan dengan sifat pemalu atau kurang berani yang ada pada murid. Murid yang pemalu biasanya cenderung segan menampilkan jawaban secara suka rela, maka sebaiknya pertanyaan itu jangan dilepas begitu saja, melainkan langsung ditujukan  kepada salah satu / seorang murid atau setelah dilepas untuk seluruh murid dengan mengambil pause segera ditujukan pada salah seorang murid, bila yang bersangkutan tidak dapat menjawab baru pertanyaan itu di “Redirecting” pada murid lain.

Selain itu perlu juga diperhatikan oleh guru-guru terutama guru muda agar memperhatikan teknik bertanya. Teknik bertanya ini berguna untuk meningkatkan kualitas serta kuantitas jawaban murid, disamping guru harus memperhatikan ketiga faktor diatas. Teknik bertanya tersebut adalah :

1.    Teknik Menunggu
Teknik menunggu yaitu memeberi waktu yang cukup bagi murid untuk berpikir. Berikan waktu sejenak, 1-5 detik kepada murid untuk berpikir dalam rangka menemukan jawabannya, pemberian waktu untuk memberikan kesempatan berpikir pada murid itu ada efek positifnya.

2.    Teknik Reinforcement
Pemakaian yang tepat dari teknik ini akan menimbulkan sikap yang positif bagi siswa serta meningkatkan partisipasi siswa dalam kegiatan belajar mengajar sehingga memungkinkan pencapaian prestasi belajar tinggi.

3.    Teknik Menuntun dan Menggali (Prompting and Probing)
Prompting dan probing question dapat digunakan sebagai teknik untuk meningkatkan kualitas jawaban siswa. Probing question ialah pertanyaan yang bersifat menggali dan mendapatkan jawaban yang lebih lanjut dari siswa yang bermaksud untuk mengembangkan kualitas jawaban, sehingga jawaban berikutnya lebih jelas, akurat serta lebih beralasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar